Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kegiatan II

KEGIATAN II

Tujuan Pembelajaran:
  1. Memprediksi dampak pencemaran udara terhadap lingkungan dan alam. 
  2. Mencetuskan ide/gagasan upaya untuk menanggulangi pencemaran udara. 
  3. Menjelaskan hubungan pencemaran udara dengan terjadinya hujan asam. 

A. Dampak Pencemaran Udara
  Setelah kalian belajar tentang pengertian, faktor, dan zat pencemaran udara, kali ini kita akan belajar tentang dampak pencemaran udara.


Saatnya berpikir!!!
Coba kalian berpikir, kira-kira apa saja penyebab dari pencemaran udara terhadap lingkungan kita!



Dampak Pencemaran Udara Terhadap Lingkungan

Hujan Asam
     Apakah yang kalian ketahui tentang hujan asam?Hujan asam adalah hujan yang memiliki kandungan pH (derajat keasaman) kurang dari 5,6. Pada dasarnya hujan asam disebabkan oleh 2 polutan udara, Sulfur Dioxide (SO2) dan Nitrogen Dioxide (Nox). Proses terjadinya hujan asam dapat kalian lihat pada gambar 8. 
Klik gambar untuk melihat
Gambar 8. Proses terjadinya hujan asam
Sumber: http://www.dosenpendidikan.com/wp-content/uploads/2015/03/Hujan-Asam.png 

     Proses Terjadinya Hujan Asam, SO2 dan NOx (NO2 dan NO3) yang dihasilkan dari proses pembakaran bahan bakar fosil (kendaraan bermotor) dan pembakaran batubara (pabrik dan pembangkit energi listrik) akan menguap ke udara. Sebagian lainnya bercampur dengan O2 yang dihirup oleh makhluk hidup dan sisanya akan langsung mengendap di tanah sehingga mencemari air dan mineral tanah. SO2 dan NOx (NO2dan NO3) yang menguap ke udara akan bercampur dengan embun. Dengan bantuan cahaya matahari, senyawa tersebut akan diubah menjadi tetesan-tetesan asam yang kemudian turun ke bumi sebagai hujan asam. Namun, bila H2SO2 dan HNO2 dalam bentuk butiran-butiran padat dan halus turun ke permukaan bumi akibat adanya gaya gravitasi bumi, maka peristiwa ini disebut dengan deposisi asam. 


Penipisan Lapisan Ozon
Klik gambar untuk melihat
Gambar 9. Proses terjadinya penipisan lapisan ozon
Sumber: http://klh.pemalangkab.go.id/wp-content/uploads/2014/06/Pencemaran-udara-3.jpg 

   Gambar 9. di atas menunjukkan proses terjadinya penipisan lapisan ozon. CFC merupakan senyawa yang sering digunakan dalam produk-produk pendingin (freezer, AC) dan aerosol. Ketika CFC terurai di atmosfer maka akan memicu reaksi dengan oksigen penyusun ozon. Dengan demikian, ozon akan terurai yang menyebabkan lapisan ozon berlubang. Padahal lapisan ozon berfungsi untuk melindungi bumi dari sinar UV yang dipancarkan oleh matahari. Sinar UV yang dihasilkan oleh matahari dapat memicu kanker. Dengan ozon, masuknya sinar UV ini akan diredam sehingga dampak yang ditimbulkan lebih sedikit. Namun sayang, pemasan global yang kini terjadi salah satunya diakibatkan oleh rusaknya lapisan ozon. Hal ini tentu akibat dari aktivitas manusia yang semakin marak menggunakan CFC (dalam aerosol, dan pendingin).


Penipisan lapisan ozon dan pemanasan global sama-sama berkaitan dengan atmosfer. Nah apakah kalian tau bedanya penipisan ozon dengan pemanasan global?


Pemanasan Global
    Kadar CO2 yang tinggi di lapisan atmosfer dapat menghalangi pantulan panas dari bumi ke atmosfer sehingga permukaan bumi menjadi lebih panas. Peristiwa ini disebut dengan efek rumah kaca (green house effect). Efek rumah kaca ini mempengaruhi terjadinya kenaikan suhu udara di bumi (pemanasan global). Pemanasan global adalah kenaikan suhu rata-rata di seluruh dunia dan menimbulkan dampak berupa berubahnya pola iklim.Proses terjadinya pemanasan global dapat dilihat pada Gambar 10. 
Klik gambar untuk melihat
Gambar 10. Proses terjadinya pemanasan global
Sumber: http://jurnalistyazania.files.wordpress.com/2012/01/pemanasan-global-jpg1.jpg 

   Proses terjadinya efek rumah kaca, permukaan bumi akan menyerap sebagian radiasi matahari yang masuk ke bumi dan memantulkan sisanya. Namun, karena meningkatnya CO2 di lapisan atmosfer maka pantulan radiasi matahari dari bumi ke atmosfer tersebut terhalang dan akan kembali dipantulkan ke bumi. Akibatnya, suhu di seluruh permukaan bumi menjadi semakin panas (pemanasan global). Peristiwa ini sama dengan yang terjadi di rumah kaca. Rumah kaca membuat suhu di dalam ruangan rumah kaca menjadi lebih panas bila dibandingkan di luar ruangan. Hal ini dapat terjadi karena radiasi matahari yang masuk ke dalam rumah kaca tidak dapat keluar.


Dampak Pencemaran Lingkungan Terhadap Manusia

   Selain berdampak terhadap lingkungan, pencemaran udara juga berampak terhadap manusi, namun terkadang kalian tidak memperdulikan hal itu. Untuk itu saat ini kita akan mempelajarinya.




Kira-Kira apa saja ya dampaknya bagi kita??
Mari kita belajar bersama!...




Dampak pencemaran udara terhadap manusia dapat kalian lihat pada Gambar 11.
Klik gambar untuk melihat
Gambar 11. Dampak pencemaran udara terhadap manusia
Sumber: http://image.slidesharecdn.com/kelompok1-140517001908-phpapp02/95/polusi-udara-akibat-emisi-kendaraan-bermotor-4-638.jpg?cb=1400286016 
Dampak Pencemaran Udara Terhadap Tumbuhan

Hujan Asam
  • Merusak kehidupan ekosistem perairan, menghancurkan jaringan tumbuhan (karena memindahkan zat hara di daun dan menghalangi pengambilan Nitrogen) dan mengganggu pertumbuhan tanaman. 
  • Melarutkan kalsium, potasium dan nutrient lain yang berada dalam tanah sehingga tanah akan berkurang kesuburannya dan akibatnya pohon akan mati. 
  • Klik gambar untuk melihat
    Gambar 12. Kerusakan tanaman akibat hujan asam
    Sumber: http://3.bp.blogspot.com/-1PFRk42pt3Y/T3xSrl9Z-mI/AAAAAAAAAQw/7WMK7QX5Os/s1600/acid+rain-tanaman-rusak.jpg
Penipisan Lapisan Ozon
  • Merusak tanaman, mengurangi hasil panen (produksi bahan makanan, seperti beras, jagung dan kedelai), penurunan jumlah fitoplankton yang merupakan produsen bagi rantai makanan di laut. 
Pemanasan Global
  • Penurunan hasil panen pertanian dan perubahan keanekaragaman hayati. Keanekaragaman hayati dapat berubah karena kemampuan setiap jenis tumbuhan untuk bertahan hidup berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. 
Gas CFC
  • Mengakibatkan tumbuhan menjadi kerdil, ganggang di laut punah, terjadi mutasi genetik (perubahan sifat organisme). 

Dampak Pencemaran Udara Terhadap Hewan


Penipisan Lapisan Ozon 

  • Menimbulkan kanker mata pada sapi, terganggunya atau bahkan putusnya rantai makanan pada tingkat konsumen di ekosistem perairan karena penurunan jumlah fitoplankton.

Hujan Asam 

  • Menyebabkan pH air turun di bawah normal sehingga ekosistem air terganggu. 

Pemanasan Global 

  • Penurunan hasil panen perikanan. 

Info Sains!!!
Menurut data WHO setiap tahun diperkirakan sekitar 3 juta orang meninggal karena polusi udara atau sekitar 5% dari 55 juta kematian setiap tahunnya diseluruh dunia. 1.500 jutaan kematian dini terjadi di kota-kota Asia.











  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar