Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kegiatan II


A. DAMPAK PENCEMARAN UDARA

Perhatikan video berikut ini!
    Setelah kalian berdiskusi dan melihat video di atas, apa saja akibat yang disebabkan oleh terjadinya hujan asam?Nah selain hujan asam coba kalian fikirkan dampak pencemaran udara yang lainnya!
Dampak Pencemaran Udara terhadap Lingkungan
1. Hujan Asam
Hujan asam adalah hujan yang memiliki kandungan pH (derajat keasaman) kurang dari 5,6. Pada dasarnya hujan asam disebabkan oleh 2 polutan udara, Sulfur Dioxide (SOX) dan Nitrogen Dioxide (NOx).
Dampak hujan asam terhadap:
Hewan:
  • Menyebabkan pH air turun di bawah normal sehingga ekosistem air terganggu. 
Tumbuhan:


Klik gambar untuk melihat
Gambar 8. Kerusakan tanaman akibat hujan asam
Sumber: http://3.bp.blogspot.com/-1PFRk42pt3Y/T3xSrl9Z-mI/AAAAAAAAAQw/7WMK7QX5Os/s1600/acid+rain-tanaman-rusak.jpg
  • Merusak kehidupan ekosistem perairan, menghancurkan jaringan tumbuhan (karena memindahkan zat hara di daun dan menghalangi pengambilan Nitrogen) dan mengganggu pertumbuhan tanaman. 
  • Melarutkan kalsium, potasium dan nutrient lain yang berada dalam tanah sehingga tanah akan berkurang kesuburannya dan akibatnya pohon akan mati.
    2. Penipisan Lapisan Ozon
    CFC merupakan senyawa yang sering digunakan dalam produk-produk pendingin (freezer, AC) dan aerosol. Ketika CFC terurai di atmosfer, maka akan memicu reaksi dengan oksigen penyusun ozon. Dengan demikian, ozon akan terurai yang menyebabkan lapisan ozon berlubang.
    Dampak penipisan lapisan ozon terhadap:
    Hewan : 
    • Menimbulkan kanker mata pada sapi, terganggunya atau bahkan putusnya rantai makanan pada tingkat konsumen di ekosistem perairan karena penurunan jumlah fitoplankton.
    Tumbuhan: 
    • Merusak tanaman, mengurangu hasil panen (produksi bahan makanan, seperti beras, jagung, dan kedelai), penurunan jumlah fitoplankton yang merupakan produsen bagi rantai makanan di laut. 
    3. Pemanasan Global
    Kadar CO2 yang tinggi di lapisan atmosfer dapat menghalangi pantulan panas dari bumi ke atmosfer sehingga permukaan bumi menjadi lebih panas. Peristiwa ini disebut dengan efek rumah kaca (green house effect). Efek rumah kaca ini mempengaruhi terjadinya kenaikan suhu udara di bumi (pemanasan global). Pemanasan global adalah kenaikan suhu rata-rata di seluruh dunia dan menimbulkan dampak berupa berubahnya pola iklim.
    Dampak pemanasan global terhadap:
    Hewan:
    • Penurunan hasil panen perikanan. 
    Tumbuhan:
    • Penurunan hasil panen pertanian dan perubahan keanekaragaman hayati. 

    TUGAS!!!
    Carilah bagaimana proses terjadinya hujan asam, penipisan lapisan ozon, dan pemanasan global!


    Dampak Pencemaran Udara terhadap Manusia
    Dampak pencemaran udara terhadap manusia dapat kalian lihat pada Gambar 7.

    Klik gambar untuk melihat
    Gambar 7. Dampak pencemaran udara terhadap manusia
    Sumber: http://image.slidesharecdn.com/kelompok1-140517001908-phpapp02/95/polusi-udara-akibat-emisi-kendaraan-bermotor-4-638.jpg?cb=1400286016

    Info Sains!!
    Menurut data WHO setiap tahun diperkirakan sekitar 3 juta orang meninggal karena polusi udara atau sekitar 5% dari 55 juta kematian setiap tahunnya diseluruh dunia. 1.500 jutaan kematian dini terjadi di kota-kota Asia.


    Nah setelah kalian mengetahui dampak yang terjadi dari pencemaran udara, sekarang coba kalian fikirkan upaya apa yang harus kalian lakukan untuk mengurangi terjadinya pencemaran udara! Untuk mengetahuinya mari kita belajar materi selanjutnya!




    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS

    0 komentar:

    Posting Komentar