Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pendahuluan

E-Module  ini berisi materi IPA untuk peserta didik SMP kelas VII yang mengkaji tentang pencemaran udara. Dalam E-Module ini disajikan materi-materi singkat mengenai pokok materi yang dibahas. Dengan adanya E-Module  ini diharapkan mampu membangkitkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dan diharapkan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Kompetensi Inti
3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
3.8Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem.
4.8Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan.
Indikator 
3.8.1Medeskripsikan pengertian pencemaran udara 
3.8.2Mengidentifikasi sumber pencemaran udara.
3.8.3Menganalisis senyawa polutan yang menyebabkan pencemaran udara 
3.8.4Memprediksi dampak pencemaran udara terhadap lingkungan dan alam 
3.8.5Mencetuskan ide/gagasan upaya untuk menanggulangi pencemaran udara
3.8.6Menjelaskan hubungan pencemaran udara dengan terjadinya hujan asam.
4.8.1Membuat gagasan tertulis tentang bagaimana mengatasi dan juga mengurangi pencemaran udara.
Tujuan Pembelajaran 
  1. Melalui kegiatan pengamatan dan diskusi, peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian pencemaran udara dengan benar. 
  2. Melalui kegiatan pengamatan , peserta didik dapat mengidentifikasi sumber pencemaran udara dengan benar. 
  3. Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat menganalisis senyawa polutan yang menyebabkan terjadinya pencemaran udara dengan tepat. 
  4. Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat memprediksi dampak pencemaran udara terhadap lingkungan dan alam dengan benar.
  5. Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat mencetuskan ide/gagasan upaya untuk menanggulangi pencemaran udara dengan tepat. 
  6. Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat menjelaskan hubungan pencemaran udara dengan terjadinya hujan asam dengan benar. 
  7. Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat membuat gagasan tertulis tentang bagaimana mengatasi dan juga mengurangi pencemaran udara dengan benar.
Pada materi sebelumnya kalian sudah pernah belajar tentang Klasifkasi Materi dan Perubahnnya. Materi tersebut berkaitan dengan materi Pencemaran Udara yang akan kita bahas dalam E-Module ini. Dalam E-Module IPA ini terdiri dari dua kegiatan, yaitu

  1. Kegiatan 1  (Penyebab Pencemaran Udara)
  2. Kegiatan 2  (Dampak Pencemaran Udara)





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar